Kekurangan Nutrisi dapat Menyebabkan Gangguan Saat Persalinan


Saat hamil banyak sekali faktor yang menyebabkan gangguan kesehatan pada si Bayi dalam janin. Biasanya yang mempengaruhi program Kehamilan itu antara lain Nutrisi.

Kurangnya Nutrisi akan mempengaruhi pertumbuhan anak. Bahkan tidak hanya itu saja, kurangnya Nutrisi juga mempengaruhi proses persalinan.

Menurut Dr. Med. dr. Damar Prasmusinto, SpOG (K), saat proses persalinan memiliki berat lahir normal itu disebabkan perilaku dan gaya hidup si Ibu. Jika perilaku gaya hidupnya baik, akan menyebabkan risiko berpenyakit rendah, dan anak akan tumbuh dengan perilaku baik.

Ia juga mengatakan, jika berat lahir kurang itu disebabkan karena modal Nutrisi yang kurang. Sehingga menyebabkan risiko penyakit tinggi dan perilaku kurang baik nantinya pada anak.

"Jadi perlu menyadari bila kebiasaan makan yang tidak sesuai dengan kebutuhan Nutrisi Ibu dan anak yang ada di dalam kandungan dapat menimbulkan resiko negatif pada saat melahirkan, seperti kelahiran prematur atau berat badan kurang," ujar dr. Damar saat ditemui di Media Gathering Festival Ngidam SGM Bunda, di Jakarta, Kamis, (24/8).

Untuk itu, dr. Damar juga menjelaskan pentingnya meningkatkan kebutuhan asupan karbohidrat, protein, maupun lemak perlu diimbangi dengan kecukupan mikronutrien seperi asam folat, zat besi, dan kalsium yang memiliki peranan besar untuk perkembangan kecerdasan dan fisik si Kecil sejak dalam kandungan.

“Agar mendapatkan hal itu, jadikan momen ngidam sebagai kesempatan dalam memenuhi kecukupan Nutrisi harian dengan mengonsumsi makanan atau minuman yang tidak hanya lezat namun juga sehat," katanya.

Untuk ngidam yang baik, dr. Damar mengatakan bahwa harus pintar memilih makanan yang akan dikonsumsi. Contohnya, menghindari konsumsi makanan dengan kadar gula dan minyak berlebih.

"Pilih makanan yang mengandung Nutrisi baik, jika ingin mengkonsumsi makanan lezat dan bernutrisi, Ibu dapat memilih buah-buahan, jus buah segar, atau agar-agar kaya serat. Selain itu, yang paling utama, Ibu hamil dianjurkan memenuhi kebutuhan Nutrisi seimbang dengan pola makan bergizi 3 kali sehari, air mineral 10 gelas per hari, dan dilengkapi konsumsi susu khusus Kehamilan setiap hari”, tutupnya.

No comments for "Kekurangan Nutrisi dapat Menyebabkan Gangguan Saat Persalinan"