Syarat Dokumen Klaim Allianz Asuransi Kendaraan


Allianz mempunyai banyak jenis penawaran asuransi yang bisa Anda pilih. Salah satunya adalah asuransi kendaraan yang mempunyai manfaat untuk menjadi perlindungan pada kendaraan apabila mengalami hal yang tidak diinginkan. Dengan adanya asuransi, maka sebagai pemilik kendaraan akan menjadi lebih tenang dan menerima keuntungan karena tidak kecelakaan ataupun kehilangan dapat terjadi kapan saja pada kendaraan Anda. Untuk mendapatkan keuntungan dari asuransi kendaraan yang ditawarkan oleh Allianz, Anda hanya cukup dengan mengajukan klaim Asuransi Allianz yang mempunyai beberapa syarat yang harus dipenuhi seperti berikut ini:

1. Syarat data ketika melapor

Hal pertama yang harus diperhatikan ketika akan mengajukan klaim adalah dengan memberikan data yang dibutuhkan. Apabila sudah mendapatkan persetujuan dari pihak Allianz, maka langkah selanjutnya adalah dapat untuk melaporkan data yang terdiri dari beberapa hal berikut:

  • Memberikan data mengenai nomor polis asuransi yang dipunyai dan juga nama pemilik polis tersebut.
  • Memberikan merek kendaraan yang didaftarkan pada asuransi dan juga nomor polis kendaraan yang dipunyai.
  • Memberikan keterangan mengenai tempat dan tanggal kejadian baik kecelakaan atau kehilangan kendaraan yang dialami.
  • Memberikan uraian singkat mengenai kejadian kecelakaan ataupun kerugian kendaraan yang terjadi.


2. Dokumen klaim

Ketika akan mengajukan klaim Allianz juga perlu untuk menyiapkan dokumen yang diperlukan. Dokumen tersebut digunakan sebagai syarat penting sehingga akan mempercepat proses pengajuan klaim yang Anda masukkan. Adapun untuk macam jenis dokumen yang perlu Anda siapkan adalah sebagai berikut:

  • Siapkan formulir klaim yang bisa diminta ketika melaporkan klaim pada kantor cabang Allianz terdekat atau juga di website Allianz. Isi formulir klaim tersebut secara benar dan teliti sebelum akan diserahkan.
  • Menyerahkan foto copy polis asuransi, SIM, dan juga STNK yang dipunyai.
  • Menyerahkan surat keterangan polisi setempat atau BAP ketika mengajukan klaim untuk kehilangan kendaraan atau kecelakaan yang melibatkan pihak ketiga.


3. Syarat klaim kehilangan kendaraan atau kerusakan total

Syarat selanjutnya yang dibutuhkan ketika akan mengajukan klaim adalah ketika mengalami kerusakan total dan juga kehilangan kendaraan yang dipunyai. Adapun untuk dokumen yang perlu disiapkan adalah sebagai berikut:

  • Siapkan STNK asli, BPKB, dan juga faktur.
  • Siapkan kunci kontak kendaraan minimal dua buah.
  • Siapkan surat keterangan dari KADIT RESERSE POLDA.
  • Siapkan blanko kwitansi yang kosong rangkap tiga.
  • Lakukan pemblokiran STNK untuk kendaraan yang hilang.


4. Syarat klaim yang melibatkan pihak ketiga

Ketika Anda akan mengajukan klaim juga bisa untuk kejadian yang melibatkan tanggung jawab hukum pada pihak ketiga atau third party liability. Dimana hal ini bisa terjadi ketika Anda mengalami kecelakaan yang dapat merugikan pihak ketiga sehingga Anda harus mengganti kerugian yang ditanggung. Adapun untuk persyaratan klaim yang satu ini adalah:

  • Surat keterangan dari kepolisian setempat.
  • Fotocopy STNK dan SIM dan surat tuntutan dari pihak ketiga.
  • Foto kerugian materi dari pihak ketiga.
  • Surat pertanyaan mengenai ada atau tidaknya asuransi kendaraan.


Beberapa syarat dokumen seperti di atas adalah hal yang perlu diperhatikan ketika Anda mengajukan klaim Allianz. Ketika akan melakukan klaim juga penting untuk memperhatikan jenis klaim yang diajukan karena akan mempunyai dokumen persyaratan yang berbeda. Sehingga pastikan untuk menyiapkan dokumen lengkap terlebih dahulu sebelum akan mengajukan klaim kendaraan pada asuransi Allianz. Hal lainnya yang perlu diperhatikan adalah Anda harus mengikuti prosedur klaim seperti melakukan pelaporan terlebih dahulu ketika mengalami kejadian yang menyebabkan kerugian dalam waktu yang telah ditetapkan oleh Allianz.

No comments for "Syarat Dokumen Klaim Allianz Asuransi Kendaraan"