Ketahui Kelebihan dan Kekurangan Hutang bagi Bisnis


Hutang menjadi salah satu cara yang bisa dilakukan untuk memperlebar usaha khususnya yang masih dalam tahap start-up. Selain itu cara lainnya yang juga bisa dilakukan oleh para pengusaha yaitu dengan mengundang investor untuk menanam modal di bisnis Yang pasti, antara kedua pilihan ini memiliki konsekuensinya sendiri untuk perusahaan Anda. 

Jika Anda memilih untuk mengundang investor, itu artinya Anda juga harus siap berbagai keuntungan dengan mereka. Sementara itu, jika Anda memilih untuk melakukan pinjaman di lembaga keuangan maka juga harus siap dengan bunganya. Nah, apabila Anda lebih memilih hutang sebaiknya baca dulu ulasan tentang kelebihan dan kekurangan hutang untuk bisnis ini agar Anda tak ceroboh. 

Kelebihan Melakukan Hutang pada Bisnis

Saat berbicara tentang hutang kebanyakan dari kita pasti akan memikirkan tentang beban yang sangat berat dan bahkan tak jarang membuat banyak orang stres. Akan tetapi sebenarnya jika Anda memahami ilmu bisnis, hutang juga memiliki beberapa kelebihan. 

1. Bunga hutang lebih ringan daripada dividen 

Saat memilih untuk melakukan hutang jangka panjang pastinya Anda akan mendapatkan bunga. Akan tetapi ternyata bunga yang diterima tidak sebesar dividen yang diberikan pada investor. 

2. Hutang berpengaruh dalam mengurangi PPh

Menurut Undang-undang Tahun 2016 tentang Tax amnesty menyatakan bahwa hutang yang ada kaitannya langsung dengan perolehan harta akan mengurangi penghitungan dasar pajaknya. Nah, pajak yang dikenakan adalah pajak yang sudah dikurangi dari hutang. 

Kekurangan Hutang pada Bisnis

Selain memiliki kelebihan, sudah pasti hutang juga memiliki kekurangan. Nah, beberapa kekurangan ini semoga bisa membuat Anda lebih berhati-hati saat akan berhutang.

1. Hutang harus dibayar selama periode pelunasan

Yang namanya hutang pastinya akan menjadi beban dan harus dibayarkan sebelum jatuh tempo. Kalaupun Anda memperoleh pendapatan, maka pendapatan tersebut tak sepenuhnya milik Anda karena masih ada hutang yang harus dibayar. 

2. Dunia ekonomi berubah

Faktor eksternal seperti mekanisme pasar dan pertumbuhan ekonomi pastinya berpengaruh terhadap bisnis Anda. Hal ini berarti, semakin lama hutang dilunasi maka risiko dari faktor eksternal nya juga semakin besar dan semakin membebani bisnis Anda. 

3. Pengelolaan dan pengaturan keuangan 

Jika bisnis Anda memiliki hutang, itu artinya pengelolaan dan pengaturan keuangan harus lebih dilakukan dengan lebih teliti lagi. Tujuannya agar Anda bisa melunasi hutang tepat pada waktunya. 

Dari ulasan mengenai kelebihan dan kekurangan hutang di atas, pastinya Anda akan jadi lebih berhati-hati sebelum berhutang. Pastikan untuk selalu berpikir sebelum bertindak agar bisnis Anda tidak menjadi taruhannya. Nah, agar keuangan perusahaan Anda terjaga dan bisa dicek kapan pun maka Anda wajib mendownload aplikasi BukuKas. 

Di aplikasi ini, Anda bisa melakukan beberapa transaksi seperti pencatatan transaksi penjualan dan catatan pengeluaran, catatan hutang piutang, dan lainnya. Anda pun bisa menggunakan aplikasi ini baik untuk toko kelontong, toko online, coffee shop, dan lainnya. Nah, untuk mendapatkan informasi yang lebih jelas tentang BukuKas, langsung saja klik https://www.bukukas.co.id. 

No comments for "Ketahui Kelebihan dan Kekurangan Hutang bagi Bisnis"